Sabtu, 19 Maret 2011

Gaharu Multi Manfaat

GAHARU  berupa resin padat yang terdapat dalam jaringan kayu pada dasarnya memiliki enam komponen utama yaitu furanoid sesquiterpene (a-agarofuran, bagarofuran dan agarospirol), furanoid sesquiterpene, chromone (dari jenis A. malacensis), sequiterpenoida, eudesmana, dan valencana. Kandungan tersebut membuat ciri khas gaharu seperti chromone yang memberikan aroma yang harum. 

Pemanfaatan gaharu yang paling banyak adalah dalam bentuk bahan baku (kayu bulatan, cacahan, bubuk). Aroma wangi atau harum dengan cara membakar secara sederhana banyak dilakukan oleh masyarakat Timur Tengah (seperti Saudi Arabia, Uni Emirat Arab, Yaman, Oman), sedangkan penggunaan yang lebih bervariasi banyak dilakukan di Cina, Korea, dan Jepang seperti bahan baku industri parfum, obat-obatan, kosmetika, dupa, dan pengawet berbagai jenis asesoris serta untuk keperluan kegiatan relijius.

Perkembangan teknologi kedokteran telah membuktikan secara klinis bahwa gaharu dapat dimanfaatkan sebagai obat seperti anti asmatik, anti mikroba, stimulant kerja syaraf dan pencernaan.  Di Cina kuno, Gaharu digunakan sebagai obat sakit perur, perangsang nafsu birahi, penghilang rasa sakit, kanker, diare, tersedak, ginjal, paru-paru, dll.  Di Eropa, gaharu diperuntukkan sebagai obat kanker.  Di India, gaharu juga dipakai sebagai obat tumor usus.  Disamping itu di beberapa negara seperti Singapura, Cina, Korea, Jepang, USA sudah menembangkan gaharu ini sebagai obat-obatan seperti penghilang stres, gangguan ginjal, sakit perus, asma, hepatitis, sirosis, pembengkakan liver dan limfa.


               MINYAK gaharu merupakan minyak yang dihasilkan dari distilasi kayu gaharu baik dengan sistem basah ataupun sistem kering.  Minyak gaharu sangat diminati oleh berbagai pengguna terutama untuk sumber atau bahan minyak wangi atau parfum, untuk bahan obat, dan untuk penggunaan lainnya.
               Minyak gaharu harganya sangat bervariasi tergantung dari tingkat kemurnian atau dari kualitas bahan yang digunakan.Pada saat ini harga di tingkat petani dengan kualitas standar mencapai Rp. 60 juta per liter.  Kami menyediakan kualitas super dengan harga Rp. 200 juta per liter.





v>

1 komentar:

  1. kalau tanam dipekarangan sendiri kira-kira butuh lahan berapa luas,sampai panen berapa lama,jarak tanam,untuk pemula berapa modal dan kita sharing kemana.mohon balasan terima kasih.

    BalasHapus